Saterdag 20 April 2013

Tips Memilih Kucing Sehat, dan Cara Merawatnya

Filled under: , ,

Siapa sih yang gak suka sama hewan ngegemesin tiada duanya ini?



Ngeliat mukanya yang bulet, matanya yang belo, megang bulunya yang halus, gue rasa hampir tiap orang suka sama hewan ini.

Kucing, entah kenapa tiap liat makhluk yang satu ini, gue bawaannya pengen meluk terus ngelus-ngelus bulunya. Tampang innocentnya bener-bener ngebangkitin jiwa keibuan gue. :D

Nah, disini gue mau berbagi Tips memilih kucing yang sehat.
Gak mau dong ya kalian ngadopsi atau beli kucing yang taunya penyakitan? tar baru diurus bentar udah kewalahan.

Oke, di bawah ini ada beberapa kriteria utama kucing sehat.

1.) Cek matanya, kucing yang sehat matanya bersih, bening, tidak berlendir, apalagi bernanah.
2.) Kucing yang sehat, telinganya bersih, kalo kucing kebanyakan menggeleng-gelengkan kepala atau menggaruk telinga, kemungkinan kucing tersebut memiliki kutu telinga.
3.) Pegang kulit kucing, sibakkan dulu bulu-bulunya, kalo bersih, tidak ada vlek, atau semacam jamur, berarti kucing tersebut sehat.
4.) Gigi kucing sehat pun layaknya manusia, berwarna putih bersih dan tidak ada vlek.
5.) Anus terlihat bersih, gak ada kotoran yang nyisa :p
6.) Ketika pup, tidak mencret.
7.) Gusi pada kucing sehat berwarna pink.
8.) Kucing sehat tidak seperti sedang batuk. Dapat didengar dari suara nafasanya.

Nah, itu kurang lebih beberapa syarat kucing sehat. Setelah dirasa kucing yang akan kalian adopsi sehat, lalu gimana kah penanganan kucing yang baru diadopsi? Yuk kita bahas. :)

Karena kucing merupakan jenis hewan yang sensitif. Ketika mereka masuk ke lingkungan baru, bau rumah yang mereka anggap berbeda, tentu mereka akan merasa cemas dan takut bahkan mungkin stress. Maka dari itu tugas kita adalah membuatnya nyaman. Layaknya pacar baru, kucing baru pun haruslah kita manjakan :p
Sering-seringlah mengelus-ngelus kucing kalian, ajak bermain, berilah perhatian yang lebih kepada kucing kalian. Dengan begitu kucing akan merasa nyaman, dan tidak takut lagi.

Tugas selanjutnya, adalah membiarkan kucing mengenal lingkungan barunya. Biarkan kucing berkeliling rumah atau kamar kalian, agar mereka dapat terbiasa dengan lingkungan barunya.

Yang terakhir, dan menurut ane amat-sangat penting yaitu memperkenalkan kucing dengan tempat makan  dan Littre Box (tempat pup) mereka. Ajarilah kucing untuk mengenal tempat makannya. Biasakan beri makan kucing di satu tempat saja. Selanjutnya, mengenalkan dia dengan littre boxnya dengan cara menaruhnya disana ketika kucing hendak buang air. Kucing yang hendak buang air ditandai dengan sifatnya yang gelisah dan terlihat seperti sedang menggaruk-garuk tanah. Jika sudah begitu segeralah tempatkan kucing di littre boxnya. Pada umumnya, kalo kucing udah buang air di satu tempat, dia dapat mencium baunya dan akan buang air di tempat itu lagi. :)

Oke segitu dulu tips memilih dan merawat kucing kali ini. Semoga tipsnya bermanfaat.
Semua tips di atas udah pernah gue coba, dan berhasil pastinya.
Gue udah ngerawat kucing berkali-kali, dan kucing gue sekarang ada 2. Keduanya lucu dan bandel :D
Nih, gue kenalin:

Ucil, kucing ganteng yang suka kabur-kaburan.

Yang di atas namanya Ucil, ganteng, lucu, bandel, susah dikasih makan yang keras, kalo makan mesti gue lembekkin dulu Dry Foodnya. Hobinya kabur-kaburan, ngecengin kucing tetangga.
Anehnya ini kucing rumahan, wibawanya gede banget. Kucing kampung yang sangar-sangar aja takut sama si Ucil. :D

Acil, kucing cantik yang doyan gigitin orang.

Kalo yang satu ini namanya Acil. Cantik, baik, penurut, manja bangeeettt, pengennya dielus-elus sambil digendong. Tapi kalo lagi maen sering banget gigit-gigit tangan gue. :p

Oke, sekian postingan gue kali ini, semoga tips-tips diatas bermanfaat.
Selamat mencoba, dan salam Cat Lovers :D

1 comments:

  1. oh my! they're so cute! pengen sih melihara kucing tp gue udah punya anjing haftt---_-

    AntwoordVee uit